BudayaEkonomiKhazanahNewsPendidikanPeristiwaPolitikRagam

Dinkes Bone Gelar Pertemuan Kordinasi POKJA KIPI

250
×

Dinkes Bone Gelar Pertemuan Kordinasi POKJA KIPI

Sebarkan artikel ini

Dalam menangani masalah KIPI ( Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi ) dan merespon Informasi informasi yang tidak akurat terkait KIPI maka Dinas Kesehatan Kabupaten Bone melakukan Koordinasi POKJA KIPI pada hari Kamis 28 Oktober 2021 di Aula Dinkes, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Macanang  Tanete Riattang Barat, Bone.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bone,  Drg.Yusuf, M. Kes hadir sebagai Narasumber,  membawakan materi Kebijakan Program Imunisasi dan Pelaksanaan BIAS ( Bulan Imunisasi Anak Sekolah ).

Narasumber lainnya dari Komite Pencegahan dan Penaggulangan KIPI Kabupaten Bone membawa Materi Strategis Komunikasi Efektif dalam Penanganan KIPI, guna meningkatkan cakupan imunisasi rutin termasuk BIAS ( Bulan Imunisasi Anak Sekolah ).

Baca Juga :   Kepala BPTD Sulselbar Tinjau KTL Dan Terminal Bulukumba

Kegiatan ini mengundang lebih kurang 30 Peserta, antara lain dari POKJA KIPI, Kordinator  Imunisasi beberapa Puskemas dari Kecamatan, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia ( Bappeda Bone) serta Ketua Ikatan Dokter Indonesia( IDI) Kabupaten Bone.

Sejak Indonesia merilis Kasus Covid 19 pertama dibulan Maret Tahun 2020, cakupan Imunisasi rutin menurun. Kementrian Kesehatan melaporkan layanan Imunisasi terganggu di level Puskesmas, Posyandu dan Sekolah, akibat penghentian layanan. Hal ini menyebabkan kegiatan BIAS di Indonesia,  menerapkan sistem belajar jarak jauh. Akibatnya, minat dan permintaan masyarakat menurun karena takut tertular Covid 19 dan diIsolasi.

Baca Juga :   Dari Sanksi Hingga Solusi, Polemik Dugaan Penyimpangan BBM Subsidi Bergulir

Sehubungan upaya Imunisasi dasar lengkap dalam memberikan perlindungan anak dari resiko penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi ( PD31 ), menyebabkan ketakutan dan rasa tidak percaya masyarakat terhadap Program Imunisasi rutin, karna ketidakpahaman tentang KIPI.

Untuk menjalankan Program dukungan memaksimalkan Cakupan Imunisasi Rutin dan BIAS, UNICEF melalui Yayasan Gaya Celebes ( YGC ) menggalang masyarakat dalam konteks,  (BIAS, Siswa, Orang Tua Siswa, Puskesmas, Badan Pemerintahan, Pendidikan, Kesehatan, Agama, dan POKJA KIPI), baik ditingkat Provinsi maupun kabupaten.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam program ini adalah pertemuan kordinasi rutin antar anggota POKJA KIPI. Sehingga komunikasi dan koordinasi dalam menangani KIPI bisa berjalan efektif dan efisien guna menunjang POKJA KIPI yang lebih responsivedi Kabupaten Bone.

Baca Juga :   Pemkab Sergai, Tampung Tawar Jamaah Calon Haji

Penulis: Andi Trisna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *