BudayaEkonomiKhazanahNewsPendidikanPeristiwaPolitikRagam

Jelang Hari Jadi Ke 693, Pemkab Bone Ziarahi Makam Arung Palakka

402
×

Jelang Hari Jadi Ke 693, Pemkab Bone Ziarahi Makam Arung Palakka

Sebarkan artikel ini

Bone, Global Terkini – Salah satu rangkaian kegiatan jelang Hari Jadi Bone (HJB) ke 693 tanggal 7 April 2023 mendatang, pemerintah kabupaten Bone melakukan  ziarah ke makam raja Bone ke 15, Arung Palakka Petta Malampe’e Gemme’ na, To’ Appatunru Paduka Sri Sultan Sa’ad ud-din Matinroe Ri Bontoala Jl. Bonto Biraeng, Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.  Rabu 15 Maret 2023.

Rombongan yang dipimpin Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M. Si. Didampingi Ibu Ketua TP PKK Bone Hj. A. Kurniaty A. Fahsar, SH., SPN. Juga dihadiri Komandan Komando Resort Militer (Korem) 141/Toddopuli, Ketua DPRD Bone, Kapolres Bone, Komandan Kodim 1407 Bone, Ketua Pengadilan Negeri Bone, Komandan Batalyon C Pelopor Bone serta seluruh Kepala OPD Bone.

Baca Juga :   Sikapi Himbauan Menteri dan Surat Edaran Bupati, DPMPTSP Bone Gelar Apel Pagi

Selain makam Arung Palakka, rombongan juga menziarahi makam Sultan Hasanuddin di Gowa, makam raja Bone A. Mappanyukki di Taman Makam Pahlawan di Panaikang Makassar. Rombongan mengakhiri kegiatan ziarah tersebut di makam raja Bone ke-22 La temmasonge.

Bupati Bone mengatakan “Ziarah makam raja-raja Bone merupakan rangkaian HJB yang setiap tahun rutin kita laksanakan. Pada momentum yang kali ini, merupakan ziarah makam raja Bone di periode kami yang terakhir. Kami terus berharap agar jalinan sinergitas antara Bone dan Gowa bisa terus terjalin dan harmonis”. Tutur Andi Fahsar.

Baca Juga :   Kecelakaan Kerja di Bone Tewaskan Seorang Buruh Bangunan

“Tahun ini merupakan peringatan kegiatan Hari Jadi Bone terpanjang yag kita laksanakan  karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Puncaknya kegiatan ini akan digelar pada  6 Mei 2023 mendatang. Rangkaian HJB kita mulai dengan ziarah makam raja-raja Bone. Kemarin, kita sempat ziarahi makam raja Bone ke-31 La Pawawoi Karaeng Sigeri di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan dengan dihadiri beberapa sesepuh yang ada di Jakarta. Pada kesempatan ini, kami haturkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas sambutan dan segala fasilitas yang diberikan”. Ungkap Bupati Bone.

Baca Juga :   Kondisi Jalan Jendral Sudirman Dikeluhkan Warga

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa H. Abdul Rauf Malaganni mengucapkan “selamat datang di wilayah Kabupaten Gowa. Bone dan Gowa satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan oleh siapa pun. Kami disini bukan menyambut Bone sebagai tamu. tetapi sebagai keluarga. seperti yang kita ketahui, penelusuran kerajaan Bone dan Gowa adalah kerajaan terbesar di Sulawesi Selatan. Maka dari itu, melalui momentum ziarah makam ini. atas nama pemerintah kabupaten Gowa beserta jajaran dan masyarakat mengajak pemerintah daerah Bone untuk semakin mempererat tali persatuan dan silaturahim”. Pungkas Wakil Bupati Gowa, H. Abdul Rauf Malaganni. (Andi Trisna/Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *