HukrimNewsPeristiwaRagam

Digelar Dua Hari, Keturunan Raja Bone Adakan Pertemuan Akbar

288
×

Digelar Dua Hari, Keturunan Raja Bone Adakan Pertemuan Akbar

Sebarkan artikel ini

 

Bone, Globalterkini.Com | Keturunan Raja Bone ke XVI menggelar acara pertemuan akbar Se Dunia. Kegiatan itu di pusatkan di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan.

Tepatnya di lokasi Planet Cinema, Jl Hos Cokro Aminoto, Sabtu 20 November 2021.

Ribuan tamu undangan dari berbagai Negara dan Wilayah Indonesia yang mengaku keturunan Raja Bone bernama “Lapatau Matanna Tikka” dari garis bapak maupun ibu nampak hadir.

Ketua umum kegiatan, Andi Bau Irman Mappanyukki dalam Laporannya mengatakan, kegiatan tersebut awalnya inisiasi dari lima bintang, meski tidak dijelaskan siapa mereka.

Singkat cerita, setelah mendapat restu dari Petta Baso Amir, terlaksanalah kegiatan tersebut. Awalnya kegiatan itu akan digelar bulan April namun terus ditunda karena Covid 19.

Baca Juga :   Oknum Polisi Diduga Berkampanye, Ditegur Kapolsek, Dibela Japa

” Adapun sumber dana kami berasal dari Donasi langsung maupun melalui rekening Wijanna Lapatau, untuk itu saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga pada semua pihak yang ikut mensukseskan acara ini, ” Kata Bau Irman.

Dikesempatan sama, H A M.Amin Syam yang juga turut hadir, mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia berharap agar apa yang dimiliki leluhur bisa diwariskan, seperti kewibawaan dan kerja keras.

Menurutnya, Lapatau Matanna Tikka merupakan simbol dari persatuan dan kesatuan masyarakat Sulawesi Selatan. 3 wilayah besar di sulawesi, seperti Bone, Gowa dan Luwu dipersatukan pada masanya.

Baca Juga :   Polisi Amankan Belasan Pelaku Kasus Narkoba Dalam Semalam, Tiga Diantaranya Pengedar

Kegiatan dibuka oleh Sekertaris Daerah Bone H Andi Islamuddin mewakili Bupati Bone.

” Kegiatan ini dengan bangga saya buka, selamat datang di kampung halaman, semoga bisa mengobati kerinduan, ” Kata Islamuddin sambil memukul gong sebagai tanda resminya dibuka acara.

” Acara akan berlangsung 2 hari, Sabtu dan Minggu dengan diisi kegiatan, tudang sipulung, pagelaran seni Budaya, pameran benda pusaka dan ziarah makam Lapatau Matanna Tikka, serta kunjungan ke Wisata Tanjung Pallette, ” Kata kordinator Humas dan Publikasi, Andi Fadly Yusuf menimpali.

Baca Juga :   Kabupaten Sergai Gelar Sosialisasi Pilkades Serentak 2019

Hadir dalam acara tersebut Andi Baso Hamid ( Ketua Dewan Adat Kabupaten Bone ), Andi Bau Akram ( Raja Mamuju ), H.A.M.Amin Syam ( Mantan Gubernur SulSel ), Hj. Andi Hafidah ( Kadis Kebudayaan Makassar mewakili Walikota Makassar ), Andi. Syamsu Alam ( Mantan Bupati Bone ), Andi. Bau Irman Mappanyukki, H. A. M. Yushan Latenri Tappu ( Wasekjend Cendikiawan Keraton Nusantara ), dan Keturunan Lapatau Matanna Tikka dari berbagai Wilayah.

Penulis: Andi Trisna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *