NewsPeristiwaPolitik

Muscab ke IV Apdesi Bone, Dibuka Secara Resmi Oleh Bupati Bone

192
×

Muscab ke IV Apdesi Bone, Dibuka Secara Resmi Oleh Bupati Bone

Sebarkan artikel ini

Bone, Global Terkini – Musyawarah Cabang IV Asosiasi Pemerintah Desa  Seluruh Indonesia  ( APDESI ) Tahun 2024 Hari ini resmi di buka oleh Penjabat Bupati Bone Drs. H. A. Islamuddin di Novena Hotel Rabu 10 Juli 2024.

Kegiatan ini di hadiri oleh Pj Sekda Bone, Dandim 1407 Bone, Kapolres Bone, Kasi Intel Kajari Bone, Ketua Apdesi SulSel, Anggota DPRRI,DPRD Provinsi,DPRD Bone dan para Kepala Desa Se-Kabupaten Bone.

Dalam sambutannya, ketua Apdesi Sulawesi Selatan, Sri Rahayu Usmi mengungkapkan pentingya persatuan untuk kemajuan kabupaten Bone ke depan. “ Apa yang kita rasakan sekarang ini adalah bukti kebersamaan  dan persatuan kita. Seperti penambahan masa jabatan kepala desa. Jadi tugas kita sekarang adalah bekerja dengan baik untuk seluruh wargata dan masyarakat kabupaten Bone.” Ujar ketua Apdesi Sulsel yang akrab disapa ‘Bu Ayu’.

Menurutnya, para kepala desa juga butuh pengetahuan lebih luas terkait hukum. ” Kedepannya kepala desa akan diberikan pengetahuan terkait hukum melalui Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang akan bekerjasama dengan Apdesi. Yang mana tujuannya untuk memperbaiki kinerja para kepala desa dan meminimalisir tindak pelanggaran hukum terutama dalam pengelolaan anggaran dan penataan struktur pemerintahan desa.” Ujarnya.

Baca Juga :   Pemkab Sergai Akan Bentuk Gugus Tugas Reforma Agraria

Saat yang sama, Kapolres Bone mengatakan dalam sambutannya bahwa sinergitas dan harmoni yang baik antara kepolisian dan kepala desa penting untuk terus dijaga demi kemajuan pembangunan dan kelancaran program pemerintah.

“Kepala Desa sebagai panutan waarganya, sepatutnya bekerja dan menjalin silaturahim dengan masyarakat dan menjalin sinergita yang baik dengan semua elemen, sehingga tercipta rasa aman, nyaman dan damai,” Ujar Kapolres AKBP Erwin Syah, S.I.K.,M.H yang baru – baru ini menjabat di kabupaten Bone.

Hal senada juga disampaikan oleh Komandan Kodim 1407 Bone, bahwa kepala desa memegang peranan penting dalam membangun dan mengelola Desa. “Saya bangga berdiri di depan para Kepala desa yang merupakan ujung tombak pembangunan di desa, dan berharap bisa terus menjalin sinergitas dengan semua pihak, sehingga mampu menyelesaikan semua masalah dan tugas tugasnya di tengah masyarakat, terlebih dalam menghadapi pilkada beberapa bulan ke depan.” Kata Dandim Tauwarani Bone, Letkol Inf. Moh Rezki Hidayat.

Baca Juga :   Kejari Serdang Bedagai, Musnahkan Sejumlah Barang Bukti Sabu dan Upal

Sementara, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Bone, A. Khairil dalam sambutannya mengatakan, jika melihat tema musyawarah cabang yang digelar hari ini, sepertinya ada yang sakit selama ini.

 

“Ke depannya, ada deteksi yang harus di lakukan para kepala desa untuk bekerja lebih baik lagi. Terlebih pada pemahaman soal hukum harus lebih ditingkatkan dengan mengikuti sosialisasi hukum yang dilaksanakan oleh Kepolisian, Kejaksaan maupun melalui program Jaga Desa yang dilakukan oleh kepala Desa itu sendiri.” Imbuh A. Khairil.

Baca Juga :   Mantan PPK Laporkan Ketua KPU ke Polisi

PJ Bupati Bone juga mengungkapkan ditempat yang sama, agar lembaga itu dijalankan sesuai anggaran dasar dan anggarqn rumah tangga. Sebab jika melenceng dari situ maka tunggu kehancurannya. “ maka kepala desa yang tergabung dalam lembaga seprti Apdesi ini, seharusnya dijalankan sesuai AD RT. Kegiatan seperti ini dibuka seluas luasnya untuk seluruh kepala desa dalam memilih dan dipilih. Pilihlah kepala desa yang bisa membangun dan merangkul masyarakatnya dalam mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang lebih baik, berkemajuan dan beradab.” Ujar Pj Bupati Bone, A. Islamuddin.

Di tambahkan “Maju dan berkembangnya sebuah Negara atau wilayah, tergantung kepala desanya. Maka mari bersama sama membangun Bone, agar apa yang kita cita citakan untuk Bone lebih baik dan Maju bisa kita raih.” Pungkasnya.

Andi Trisna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *