NewsPolitikRagam

Polemik Gelar Kebangsawanan Jelang Pilkada

2611
×

Polemik Gelar Kebangsawanan Jelang Pilkada

Sebarkan artikel ini
Andi Arman Rahim.

Bone, Global Terkini- Gelar “Andi” (Bangsawan Bugis) seakan menjadi syarat mutlak untuk maju dalam kontestasi perhelatan Pilkada, hal inipun menjadi perbincangan di tengah masyarakat.

Pasalnya, ada nama yang dulunya tidak menyandang “Andi” di depan namanya, namun belakangan tiba-tiba memunculkan gelar bangsawan itu dengan nasab yang masih samar samar.

Hal itu sebagaimana diungkapkan seorang penggiat sosial Andi Arman Rahim, Kamis 6 Juni 2024

Menurutnya, mereka yang belakangan baru menambahkan kata “Andi” di depan namanya berhutang penjelasan kepada masyarakat Bone yang masih memegang teguh adat istiadat.

Baca Juga :   Sambil Operasi, Polantas Polrestabes Makassar Bagikan APD Gratis

Karena gelar itu didapat berdasarkan nasab yang diwarisi dari bapak, bukan dari bangku sekolah atau dibeli ditempat manapun.

Arman mencontohkan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Andi Muhammad Nurdin Halid yang jika ditelusuri jejak digital, maka diduga dulu mereka tidak menggunakan kata “Andi” di depan namanya.

Sekiranya, mereka bisa memberi jawaban atau memaparkan kepada masyarakat Bone perihal asal muasal mereka mendapatkan gelar kebangsawanan Bugis Bone tersebut.

Dua tokoh kebanggaan orang Bone itu memang tidak maju di Pilkada, namun adik dan saudara mereka disebut-sebut akan memeriahkan Pilkada bulan November mendatang.

Baca Juga :   Sergai Gelar Workshop Guru Pendidikan Agama Islam

Masih kata Arman, seorang pemimpin yang baik tampil apa adanya, tidak perlu mengklaim nasab orang lain dan mengingkari nasab sendiri.

“Jika nasab sendiri diingkari terlebih dengan janji janji politiknya,” katanya.

“Dalam hal ini saya tidak mengatakan dua tokoh ini mengklaim nasab orang lain, tapi sekiranya mereka dapat memberikan penjelasan dari mana gelar bangsawan itu didapat,” Tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *