BudayaEkonomiNewsPendidikanPeristiwaRagam

Membanggakan, Pelajar Bone Raih Medali Emas di OPSI Nasional

5291
×

Membanggakan, Pelajar Bone Raih Medali Emas di OPSI Nasional

Sebarkan artikel ini

Bone, Global Terkini- Delegasi Kabupaten Bone dari tim local genius Mabelle SMPN 1 Kahu, bernama Tsalis Izdihar Akis dan Iin Tenri Sangka sukses mengharumkan nama Daerah dengan menyabet medali emas pada bidang lomba IPS di ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Nasional.

Judul penilitian yang diangkat yakni, Eksplorasi Permainan Tradisional MABELLE berbasis Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika guna mendukung penguatan Cultural Resilience Masyarakat Bugis.

Selain itu, mereka juga mendapat penghargaan kategori khusus Presenter Terbaik OPSI 2023.

OPSI adalah ajang kompetisi penelitian ilmiah tahunan bagi siswa-siswi SMP dan SMA sederajat, baik berupa karya tulis maupun temuan.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Baca Juga :   Lagi, 2 Terpidana Korupsi Diamankan Kejari Bone

OPSI berlangsung mulai tanggal 06 hingga 10 November 2023 di Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Andi Fajaruddin mengatakan, pihaknya mengutus 3 tim terbaik dalam ajang tersebut.

Masing-masing 2 tim dari SMPN 1 Kahu dan 1 tim dari SMP SATAP 3 Barebbo.

3 tim tersebut adalah peserta yang sebelumya menjuarai lomba OPSI tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan sekaligus menjadi duta Provinsi Sulawesi Selatan pada OPSI tingkat Nasional Jenjang SMP tahun ini.

” 2 tim lainnya mengikuti lomba bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa, walaupun belum memperoleh medali namun tim SMPN SATAP 3 Barebbo atas nama Ahyar Fahrizi Akbar dan Ramahdandi serta tim SMPN 1 Kahu atas nama Dalida Adipadatu dan Alifyah Sri Suciati, mereka mampu menembus Top 100 Nasional dari 6.643 naskah penelitian yang masuk, ” Ungkap Andi Fajaruddin.

Baca Juga :   Bertahap, Gaji Belasan Eks Karyawan RS Hapsah Mulai Dibayar

Dia menyebut hal itu merupakan pencapaian yang patut dibanggakan dan diapresiasi.

Andi Fajaruddin menjelaskan, ada 4 tim yang menjadi duta Provinsi Sulawesi Selatan pada ajang OPSI tingkat Nasional tahun ini, 3 diantaranya adalah wakil Dinas Pendidikan Kabupaten Bone.

” Kami semua bangga dengan prestasi medali emas pada bidang lomba IPS dan penghargaan sebagai presenter terbaik yang diraih anak-anak kita, ” Katanya, Sabtu 11 November 2023.

” Harapan kami, semoga prestasi yang diraih dapat menjadi pendorong dan penyemangat bagi siswa-siswi lainnya untuk terus berkreasi dan berinovasi, ” Tambahnya.

Baca Juga :   Jembatan Penghubung Tiga Kabupaten Ambruk

Andi Fajaruddin juga berharap, ke depan tenaga Pendidik dan Kepala Sekolah lebih menggalakkan lagi kegiatan-kegiatan pembinaan dan pengembangan karakter, bakat serta talenta peserta didik.

Menurutnya, cara itu mampu mempersiapkan dengan baik dan mencetak generasi-generasi unggul di masa depan.

” InshaAllah dengan kerjasama, sinergitas dan kolaborasi kita semua, pendidikan di Kabupaten Bone akan bangkit dan lebih baik, ” Ujarnya mantap.

OPSI kali ini mengusung tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi”.

Diharapkan OPSI menjadi wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian yang mandiri dan tangguh, guna mempersiapkan peserta didik membangun Indonesia melalui gagasan terbaru dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *