KhazanahNewsPeristiwaRagam

Tingkatkan Layanan Kesehatan Warga, Desa Kaloloa Adakan Mobil Ambulance

511
×

Tingkatkan Layanan Kesehatan Warga, Desa Kaloloa Adakan Mobil Ambulance

Sebarkan artikel ini
Mobil ambulance milik Desa Kaloloa, saat diserahkan oleh PT. TOYOTA Cabang Kolaka kepada Kepala Desa Kaloloa, Suprianto

Kolaka, Global Terkini.Com – Dana Desa (DD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) disalurkan Pemrintah Pusat secara umum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Selain mengimplementasikan sikap berbangsa dan bernegara dengan memeratakan subjek pembangunan di Desa, mengurai kesenjangan perekonomian, membangun inprastruktur dan pelayanan publik, juga meningkatkan pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan.

Sejak Dana Desa digulirkan pada tahun 2015 silam, mampaatnya sangat dirasakan secara langsung oleh masyarakat desa. Berbagai aspek ekonomi menjadi terkendali dan terpenuhi. Pembangunan di desa tertinggal, juga kian terarah dengan berkurangnya ketimpangan ekonomi dan kesenjangan sosial yang menjadi permasalahan urgent selama ini.

Baca Juga :   Polisi Selidiki Laporan Dugaan Korupsi Hibah di 2 OPD

Salah satu bidang pembangunan desa yang disebutkan pada pasal 5, program dan kegiatan Pembangunan Desa yang dibiayai oleh Dana Desa meliputi, pengadaan, pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan sarana prasarana dasar untuk pemenuhan kebutuhan seperti, lingkungan pemukiman, transportasi, energi, informasi dan komunikasi. Sementara pada hurup ‘b’ menyebutkan soal pengadaan, pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan sarana prasarana pelayanan sosial dasar untuk pemenuhan kebutuhan, seperti kesehatan masyarakat, pendidikan dan kebudayaan.

Terkait hal itu, salah satu terobosan yang dilakukan oleh Suprianto, kepala Desa Kaloloa, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, mengadakan satu unit mobil ‘Ambulance’ melalui anggaran Dana Desa senilai Rp. 279.800.000. Pengadaan armada ambulance ini bertujuan untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, terutama yang bersipat emergency dan harus dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga :   Patuh Lapor LHKPN, Bone Kembali Raih Penghargaan dari KPK

Kepala Desa Kaloloa, Suprianto, menuturkan bahwa pengadaan mobil ambulance tersebut berdasarkan keinginan masyarakat sejak lama. Namun pada pencairan tahap ke empat di tahun 2018, keinginan tersebut baru bisa terwujud.  Ujar Suprianto, Sabtu, (26/1/2019)

Ditambahkan, jarak tempuh antara desa Kaloloa dengan ibukota Kabupaten memang terbilang jauh, sehingga kadang menyulitkan ketika ada warga yang sakit dan harus dibawa ke rumah sakit. Terutama yang sipatnya emergensi dan perlu tindakan secepatnya seperti, pengantaran warga yang sakit saat tengah malam. Dengan adanya mobil ambulance ini, muda-mudahan masalah kesehatan yang kerapkali menjadi keluhan warga, sudah dapat di antisipasi. Ungkap Suprianto kepada globalterkini.

Baca Juga :   Camat SIbulue Serahkan BLT DD Tahap Awal Pada Warga Desa Polewali Terdampak Covid

Mobil ambulance yang dibeli Desa Kaloloa, baru tiga hari lalu diterima langsung dari dialer PT. TOYOTA Cabang Kolaka, setelah mobil tersebut dirubah bentuk sebagai mobil layanan kesehatan (ambulance) dengan pasilitas tempat pembaringan, tiang infus dan lampu rotator (sirine).

Penulis : Muhdar

Editor : Redaksi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *