KhazanahNewsPendidikan

Sergai Gelar Workshop Guru Pendidikan Agama Islam

436
×

Sergai Gelar Workshop Guru Pendidikan Agama Islam

Sebarkan artikel ini

Sei Rampah, Global Terkini.Com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Ir. H. Soekirman, membuka workshop peningkatan Guru pendidikan Agama Islam di aula Sultan Serdang, komplek kantor Bupati Sergai. Kamis (28/2/2019)

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Sergai dan dihadiri oleh kepala kantor kementerian Agama Kabupaten Sergai, Dr. H. Sarmadan Nur Siregar, MA. Kadis Pendidikan, Drs. Joni Walker Manik MM,.Wakil Ketua Dewan Pendidikan Sergai, Drs. Janter Siregar, MM, Narasumber Supriatin, S.Ag, MA, Pengawas Pendidikan, serta peserta dari Guru PAI tingkat SMP, SMA, SMK se-Sergai.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan “semua tempat adalah sekolah dan semua pengalaman adalah Guru. Karakter guru Agama adalah karakter yang mulia, jauh dari perselisihan sebab mereka tidak mementingkan hal duniawi. Dimasa sekarang, guru Agama harus merevitalisasi diri agar terus dapat membentuk manusia-manusia beriman, bertaqwa, tangguh, tahan banting, berakhlak mulia, dan inovatif” tutur Bupati Soekirman.

Baca Juga :   Serdang Bedagai Raih Penghargaan Komisi Informasi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi lanjutnya, telah kita rasakan bersama dan membawa dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Bagi orang yang cerdas dan positif dalam pemanfaatannya, maka akan melahirkan percepatan dan hasil kerja/prestasi yang luar biasa. Guru Agama harus mempunyai kemampuan bukan hanya pengetahuan tentang Agamanya, tetapi juga harus mampu menggunakan teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang saat ini, sebagaimana generasi milenial menggunakannya sebagai alat komunikasi dan mencari informasi. Katanya

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, secara umum guru harus memiliki empat kompetensi. Yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional. Selain itu, guru PAI juga harus memiliki kompetensi kepemimpinan (leadership), yaitu kemampuan sebagai pemimpin informal (informal leader). Hal ini berkaitan dengan peran guru PAI yang tidak hanya di kelas tetapi juga harus mampu memberikan pengaruh pada seluruh warga sekolah dalam pengembangan budaya agama di sekolah. Sambung Soekirman.

Baca Juga :   Oknum Polisi Terlibat Tambang Ilegal Menanti Sidang

Kadis Pendidikan Sergai, Drs. Jhoni Walker Manik, MM, pada kesempatan itu mengatakan, sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan forum musyawarah guru mata pelajaran pendidikan Agama Islam (MGMP-PAI) yang baru pertama kali digelar dan dibuka langsung oleh Bupati Sergai. Ini sebuah kehormatan dan bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap para guru pendidikan Agama Islam. Untuk itu, diharapkan kepada guru PAI agar lebih meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam mendidik siswanya melalui berbagai pelatihan dan bimbingan seperti yang kita laksanakan pada hari ini. Katanya

Baca Juga :   Stok Habis Jelang Ramadhan, Brimob Hanya Layani Vaksin Dewasa

Sementara itu, Kakan Kemenag Sergai, Dr. H. Sarmadan Nur Siregar, MA, mengharapkan melalui kegiatan yang mengambil tema “Mendidik Generasi Milenial Berakhlak Mulia” ini, bertujuan agar generasi millennial sebagai generasi penerus cita-cita Bangsa, memiliki adab dan karakter yang mulia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Pungkas Sarmadan Nur Siregar.

Penulis : Budi Lubis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *