EkonomiNewsPendidikanRagam

Tingkatkan Kompetensi Perawat, DPD PPNI Bone Gelar Workshop

431
×

Tingkatkan Kompetensi Perawat, DPD PPNI Bone Gelar Workshop

Sebarkan artikel ini

Bone, Globalterkini.Com- Dewan Pengurus Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Bone, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Bone, Sulawesi Selatan, mengadakan workshop Perkesmas dengan tema “Peningkatan kapasitas perawat dalam program perkesmas integrasi PIS-PK sebagai peningkatan kompetensi teknis perawat Kabupaten Bone”.

Kegiatan digelar di aula Dinas Kesehatan, Jl Jend Ahmad Yani selama dua hari, dimulai Sabtu 22 Desember hingga Ahad 23 Desember 2018, diikuti Pengelola Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) dari 38 Puskesmas se-Kabupaten Bone.

Dalam sambutannya, ketua DPD PPNI, Ns Ince Kaimuddin mengatakan, di era program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) sebagai program prioritas kementerian kesehatan, perawat di puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat sangat layak mengambil peran dalam mengaplikasikan ilmu dan keterampilannya dalam program tersebut, sehingga DPD PPNI sebagai organisasi yang menaungi dan mewadahi perawat di Bone berinisiatif melaksanakan kegiatan tersebut sebagaimana tertuang dalam rencana kerja DPD PPNI tahun 2018.

Baca Juga :   ‘PERBANAS Sulsel’ Turut Janjikan Hadiah Untuk Atlit Peraih Perunggu di Olympiade Tokyo 2021

“Tujuannya untuk peningkatan kompetensi dan kapasitas perawat dalam mengemban tugas Perkesmas terintegrasi Program Indonesia Sehat pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Puskesmas,” Kata Kaimuddin, Senin 24 Desember 2018.

Selain peserta, kegiatan juga dihadiri perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Bone, yakni, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Andi Reskina, dalam sambutannya yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan workshop tersebut, dia mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas jerih payah penyelenggara kegiatan tersebut.

“Pesertanya juga dari unsur ASN Pemerintah Daerah, kegiatan ini sangat dibutuhkan tenaga perawat di puskesmas, agar mampu menambah kapasitas dan kompetensi perawat di tengah masyarakat, khususnya pada keluarga dengan Indeks keluarga Sehat (IKS) kategori pra sehat dan tidak sehat, kita harapankan tahun depan mampu meningkatkan cakupan IKS dengan kategori keluarga sehat, dimana, hal itu merupakan bagian program prioritas Kementerian Kesehatan PIS-PK,” Kata dia.

Baca Juga :   Rayakan Ultah Anak, Wakil Ketua DPRD Berbagi Dengan Anak Yatim

Terpisah, salah seorang peserta, Hj Syamsiah, S(Petugas Perkesmas Tanabatue) kepada Global Terkini.Com mengatakan, workshop tersebut sangat bermanfaat untuknya dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga Perkesmas.

“Apalagi IKS diwilayah kerjaku masih dibawah 40%, perlu kerja keras dalam meningkatkan cakupan IKS tahun depan. Insyaa Allah saya akan aplikasikan ilmu yang saya dapat selama dua hari ini dan apabila ada kegiatan serupa saya akan ikut lagi,” Tuturnya.

Sekedar diketahui, kegiatan terselenggara dengan biaya ditanggung sepenuhnya oleh DPD PPNI Bone, peserta yang ikut adalah anggota PPNI yang memiliki Nomor Registrasi Keanggotaan (NIRA) aktif sampai tahun 2018.

Baca Juga :   JOIN Himbau Wartawan Menjaga Independensi Dalam Pilkada

Laporan: Aslamuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *