KhazanahPendidikanPeristiwaPolitikRagam

Kunjungan Balasan Wabup Kepahiang di Sergai, Disambut Hangat

386
×

Kunjungan Balasan Wabup Kepahiang di Sergai, Disambut Hangat

Sebarkan artikel ini
Sei Rampah, Globalterkini.com – Wakil Bupati Serdang Bedagai, H. Darma Wijaya, menyambut kunjungan studi tiru, Wakil Bupati Kepahiang, Provinsi Bengkulu, Neti Herawati, S.Sos, di Sei Rampah, Sergai, Provinsi Sumatera Utara, Kamis 13 September 2018.
Acara penyambutan Wabub Kepahiang ini berlangsung di ruang rapat Tengku Rizal Nurdin, kompleks kantor Bupati Sergai  di Sei Rampah. Selain Wakil Bupati Sergai, H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Kepahiang, Neti Herawati, sambutan kunjungan tersebut juga dihadiri oleh pelaksana tugas asisten pemerintahan umum, Drs. Herlan Panggabean, Staf Ahli Bupati Ramadhan Purba, Kepala Dinas PUPR, Suwanto, Kepala Dinas P2KBP3A, Hj. Irwani Jamilah, SH, M.Si, Kepala bidang E-Goverment Kominfo, M. Fadhil Isa, S.STP, sekaligus mewakili Disprindag, Bapeda dan BKD.
Dalam sambutannya, wakil Bupati Kapahiang, NetiHerawati, S.Sos,  menyampaikan terimakasih atas sambutan hangat dari jajaran Pemkab Sergai. Tak lupa disampaikan salam dari Bupati Kepahiang yang turut mendukung kedatangan jajaran Pemkab Kepahiang ke Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.
“Selain keperluan studi tiru, ini merupakan kunjungan balasan kami terhadap kunjungan yang pernah dilakukan oleh jajaran Pemkab Sergai ke Kabupaten Kepahiang beberapa waktu lalu. Semoga jalinan kerjasama dan silaturahmi ini tetap berjalan dengan baik serta mendapat wawasan ilmu dan pengetahuan,” ujar Neti.
Jajaran Pemkab Kepahiang, ingin melihat peranan Pemkab Sergai terhadap geliat Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di daerah ini, serta UKM tersebut dapat mensejahterakan anggotanya sekaligus tentang pengembangan UKM tersebut di daerah ini.
“Kami takjub karena ada beberapa program prioritas yang sudah diimplementasikan disini. Demikian juga Sergai telah mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) hingga 4 kali berturut-turut. Sedangkan Kepahiang masih dalam tahap peyusunan perdanya. Oleh karena itu, studi tiru ini kami lakukan disini karena kami ingin tahu inovasi apa yang telah Sergai lakukan sehingga mendapatkan prestasi KLA tersebut” sambung Neti.
Wakil Bupati Sergai, H. Darma Wijaya,  juga menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Sergai, Tanah Bertuah Negeri Beradat, sekaligus terima kasihnya karena telah memilih Sergai sebagai tempat menimba ilmu.
Dipaparkan bahwa, Kabupaten Sergai, memiliki luas areal perkebunan 100.000 Hektar dan luas persawahan 400.000 Hektar. Luasan itu terbagi dalam  17 kecamatan dan 237 desa serta 6 kelurahan dengan jumlah penduduk lebih kurang 650 ribu jiwa. 
Terdapat tiga kecamatan setrategis yang cukup padat penduduknya yaitu, Kecamatan Perbaungan, Kecamatan Dolok Masihul, Kecamatan Sei Rampah. Sedang untuk daerah wisatanya ada di kecamatan Pantai Cermin yaang merupakan wilayah pesisir pantai.  
Dengan demikian, manyoritas pendapatan pekerjaan masyarakatnya adalah dari hasil perkebunan dan pertanian. Mengingat masalah pembangunan kami di Kabupaten Sergai lebih mengutamakan pembangunan tempat-tempat atau kantor yang bergerak dalam pelanyanan masyarakat. 
“Kini apa yang bisa kita contoh, kita contohkan, dan apa yang bisa kita ambil kita ambil. Sehingga kita saling bertukar pendapat. Sebab kita di sini bukanlah studi banding melainkan studi tiru. Hal ini akan menjadi sebuah kemajuan daerah kita dan apa yang kira-kira diperlukan kami siap melanyani,” ujar Darma
Sayangnya, pasca pembangunan jalan tol Medan-Tebingtinggi, membuat UKM yang ada di Sergai mulai redup. Masyarakat pengrajin UKM juga mulai gelisah. Namun untuk menyikapi hal tersebut kami dari Pemkab Sergai, akan membangun “rest area” yang akan ditempati para UKM khas Sergai  dan beragam restoran dengan olahan makanan khas daerah kita juga.
Di akhir kunjungan tersebut, di isi dengan bincang-bincang beragam hal, dan beberapa pertanyaan oleh Wabup Kepahiang beserta rombongan. Diantaranya, perihal pengolahan UKM dan produk unggulan daerah, pengolahan aset daerah,  beragam inovasi daerah,  akuntabilitas, e-kinerja dan ketahanan pangan daerah.
 Budi Lubis
Editor : Redaksi
Baca Juga :   PENGUATAN LEMBAGA KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *