BudayaEkonomiKhazanahNewsPendidikanPeristiwaPolitik

Serdang Bedagai Kembali Raih Penghargaan ‘APE’

495
×

Serdang Bedagai Kembali Raih Penghargaan ‘APE’

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, Global Terkini.Com – Melalui pesan whatsApp (WA) Bupati Serdang Bedagai, Ir. H. Soekirman kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), H. Ikhsan AP, M.Si. Uraian selengkapnya dapat disampaikan dibawah ini.

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), dipenghujung tahun 208, kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori tingkat madya yang langsung diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Yohana Yembise, kepada Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman, di Istana Wakil Presiden Jakarta dan disaksikan langsung oleh Yusuf  Kalla. Rabu, (19/12).

Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman mengatakan, bahwa penghargaan ini diberikan oleh pemerintah melalui Kementrian PP dan PA berdasarkan kriteria, memiliki komitmen dalam mengimplementasikan kesetaraan gender, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, analisis gender, data gender serta partisipasi dari masyarakat.

Baca Juga :   Komunitas Penggiat Sosial Bone, Hadirkan Artis Qori Dalam Penggalangan Dana

Atas beberapa kriteria tersebut, Kementrian PP dan PA bekerjasama dengan Tim Independen telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan Pengarus Utamaan Gender (PUG) tahun 2018 di kabupaten/kota. Hasil evaluasi tersebut terdapat 159 kabupaten/kota di Indonesia termasuk Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat  yang  menerima penghargaan APE di tahun 2018 ini. “Jadi beberapa indikator yang berhasil dipenuhi oleh Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, sehingga kembali berhasil meraih penghargaan APE tingkat Madya seperti pada dua tahun yang lalu,” kata Soekirman.

Bupati Soekirman yang didampingi Ketua TP PKK Hj. Marliah Soekirman, Kepala Bappeda, Ir. Hj. Prihatina, M.Si dan Kepala badan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Hj. Irwani Jamilah, SH., M.Si menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras kita bersama. “Penghargaan ini juga didedikasikan kepada masyarakat Sergai serta para tokoh yang telah mencurahkan tenaga, fikiran untuk memberdayakan perempuan dan kesetaraan gender,” ujar Irwani

Baca Juga :   Tersandung Korupsi Pengadaan Buku, Kabid PAUD Diknas Enrekang Masuk Bui

Bupati Sergai, Soekirman pada kesempatan tersebut mengatakan, Menteri PP dan PA Yohana Yembise usai memberikan penghargaan menyampaikan bahwa, pemberian penghargaan APE ini terdiri dari empat kategori, yaitu kategori Pratama, diberikan pada 2 provinsi, dan 44 kabupaten/kota, kategori Madya diberikan kepada 1 Kementrian, 8 provinsi dan 75 kabupaten/kota. kategori Utama diberikan kepada 1 Kementrian, 8 provinsi dan 36 kabupaten/kota serta kategori tertinggi, Mentor diberikan kepada 6 Kementrian/Lembaga, 4 provinsi dan 4 kabupaten/kota.

Dikatakan oleh Menteri PP dan PA, Yohana Yembise, pemberian penghargaan APE ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Ibu tahun 2018.  Oleh karenanya, melalui pemberian penghargaan ini  Yohana Yembise berharap semakin memotivasi Kementrian/Lembaga dan Pemda dalam melakukan berbagai inisiatif untuk mewujudkan proses pelaksanaan pembangunan dan menjamin hasil pembangunan yang adil bagi semua. “Mari terus berkreasi untuk perempuan dan anak Indonesia,” himbau Menteri Yohana.

Baca Juga :   SD Negeri 31 Pasempe Gelar Acara Penamatan, Begini Harapan Kepala Sekolah

Harapan kedepannya, agar semua stakeholder dapat bekerjasama, berkolaborasi dan saling bahu membahu mengemban mandat negara untuk menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, bermartabat dan berkualitas, pungkas Menteri Yohana Yembise.

Penulis ; Budi Lubis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *