EkonomiNewsPeristiwaRagam

Bisa Jadi Sumber Penghasilan, Kementan Hingga Dewan Ajak Petani Kembangkan Tanaman Hortikultura

2523
×

Bisa Jadi Sumber Penghasilan, Kementan Hingga Dewan Ajak Petani Kembangkan Tanaman Hortikultura

Sebarkan artikel ini
AAP memberikan sambutan sebelum membuka kegiatan Bimtek di Helios Hotel.

Bone, Global Terkini- Kementerian Pertanian melalui Dirjen Hortikultura bersama anggota DPR-RI komisi IV Andi Akmal Pasluddin (AAP) membuka kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapasitas petani-pelaku usaha hortikultura, Senin 12 Februari 2024.

Kegiatan yang digelar di Hotel Helios, Jl Langsat, Bone Sulawesi Selatan tersebut, diikuti ratusan peserta.

Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Nurdin yang juga turut hadir mengatakan, Kabupaten Bone adalah lumbung padi dan telah menerima penghargaan nasional.

Sayangnya, minat petani pada komoditas Hortikultura sangat kurang.

Baca Juga :   BAZNAS BONE DISTRIBUSIKAN SEMBAKO KE WARGA YANG TERKENA DAMPAK COVID 19

” Karena itu, saya mengajak teman-teman petani untuk berfikir ke depan, saya ingin bagaimana supaya kita bisa jadi lumbung hortikultura, ” Kata Nurdin.

Hortikultura adalah budidaya tanaman kebun, seperti sayur dan buah.

Menanggapi hal tersebut, AAP menyebut kegiatan bimbingan teknis yang digelar hari ini merupakan salah satu cara untuk menambah wawasan dan membuka cakrawala berfikir para petani.

” Saya menyambut baik tantangan dari pak Nurdin, bagaimana agar Bone ini tidak hanya dikenal sebagai penghasil beras, tapi juga buah dan sayuran, ini sangat penting karena selain bisa untuk mencukupi pangan, sayur dan buah juga bisa jadi sumber penghasilan, ” Ujarnya.

Baca Juga :   Pengurus YKI Cabang Sergai, Dilantik

Menurut AAP, beberapa wilayah di Kabupaten Bone memang sangat potensial untuk menjadi tempat mengembangkan tanaman hortikultura.

” Mudah-mudahan nanti kalau ada program dari Kementan, ada beberapa kawasan yang bisa kita usulkan menjadi pusat pengembangan sayuran, ” Kata AAP diamini perwakilan Dirjen Hortikultura, Ir Destialisma.

AAP kemudian berjanji siap memberikan bantuan bibit sayuran, termasuk bibit durian dengan bekerjasama Kementerian Pertanian.

Dia juga mengaku telah memasukkan anggaran sebanyak Rp 50 Milyar untuk perbaikan jalan-jembatan di Kabupaten Bone sebagai anggota Banggar.

Baca Juga :   Warga Desa Pitulua Sambangi DPRD Kolaka Utara. Ada Apa?  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *