BudayaNewsPendidikanPeristiwaRagam

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Bupati Sergai Serukan Ini

351
×

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Bupati Sergai Serukan Ini

Sebarkan artikel ini

 

Sergai,Global Terkini.Com- Rintik hujan mewarnai upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda di halaman Kantor Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Senin 28 Oktober 2019.

Meski begitu, upacara berlangsung lancar dan khidmat dikomandoi Arianto yang merupakan perwakilan dari Organisasi Pemuda Pancasila (PP).

Hadir sebagai pembina upacara, Bupati Sergai Ir H Soekirman.

Upacara juga dihadiri Kapolres Sergai AKBP H Juliarman Eka Putra Pasaribu, Kepala Pengadilan Agama Sei Rampah Munir, Kasdim 0204/DS Mayor Inf Muchsin, Sekda Drs Hadi Winarno, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Pejabat Adsministrator, Pengawas, ratusan ASN jajaran Pemkab Sergai, unsur ormas, barisan Paskibraka dan pelajar.

Baca Juga :   Dituding Turut Nikmati Dana BPNT, DPRD Minta Klarifikasi Dinsos

Soekirman dalam sambutannya membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali, mengatakan, tema yang diambil dalam peringatan sumpah pemuda kali ini ialah, “Bersatu Kita Maju”.

” Pemilihan tema tersebut untuk menegaskan kembali komitmen yang dibangun pada 1928 dalam “Sumpah Pemuda”, bahwa hanya dengan persatuan, kita dapat mewujudkan cita-cita Bangsa, ” Kata Soekirman.

Masih dalam pidatonya, Menpora melalui Bupati juga mewanti-wanti perkembangan teknologi informasi yang kini ibarat dua mata pisau, di satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun di sisi lain, perkembangan ini juga memiliki dampak Negatif.

Baca Juga :   Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Sabet Gelar Juara Dunia Kedua

” Dampak Negatifnya bersifat destruktif, yakni, Pornografi, Narkoba, Pergaulan bebas hingga Radikalisme dan Terorisme, semua itu dapat masuk dengan mudah apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta karakter positif dalam berbangsa dan bernegara, ” Ujar Soekirman.

” Sebagai pembanding, di masa lalu pemuda mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Pemuda masa kini menghadapi tantangan memberikan inovasi ke lingkup yang lebih luas, ” Tambahnya.

Baca Juga :   Lupa Matikan Kompor, Dua Rumah di Ajangale Ludes Terbakar

” Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan serta perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Tetap semangat menatap dan membangun dunia dengan menjaga nyala obor penyemangat bagi pengabdian mengangkat derajat Bangsa dan Tanah air di kancah dunia, ” Seru Soekirman.

Penulis: Budi Lubis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *